Ingin Naik Kereta Api di Masa Pandemi? Pahami Kriteria Calon Penumpang

Covid-19 memang menjadi hal yang sangat menakutkan bagi siapapun itu. Oleh sebab itu, pemerintah selalu menghimbau untuk menjaga kesehatan sekaligus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Anjuran tersebut ternyata juga diberlakukan oleh pihak perkeretaapian dalam memberikan pelayanan transportasi kepada penumpang. Disebutkan ada beberapa kriteria calon penumpang kereta api yang kemudian harus dipatuhi bersama.

Kepatuhan tersebut sebagai bentuk cara untuk memutus persebaran virus Covid-19 dan hal ini sudah diterapkan sejak lama setelah adanya pencabutan izin untuk tidak beroperasi. Dari sini, pihak kereta api kemudian berusaha meningkatkan kewaspadaan melalui penerbitan aturan kriteria calon penumpang kereta api hingga menerapkan berbagai protokol kesehatan seperti menyediakan wastafel, pengecekan suhu badan hingga menyediakan ruang isolasi. 

Kenali kriteria calon penumpang kereta api

Disebutkan bahwa sejak 12 Mei 2020 silam, pihak perkeretaapian telah memberlakukan sebuah layanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) dengan beberapa penumpang sajalah yang bisa menaikinya. Merujuk pada surat edaran dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, berikut beberapa kriteria calon penumpang kereta api tersebut.

  1. Kriteria pengecualian
    • Untuk perjalanan penumpang yang bekerja di lembaga swasta ataupun pemerintahan yang menyelenggarakan,
      1. Penyelenggaraan Percepatan Penanganan Covid-19
      2. Pelayanan kesehatan
      3. Pelayanan keamanan, ketertiban umum dan pertahanan
      4. Pelayanan kebutuhan dasar
      5. Pelayanan fungsi ekonomi penting
      6. Pelayanan pendukung dasar
    • Untuk kriteria calon penumpang kereta api diberikan kepada para penumpang yang dalam kondisi kesehatan darurat ataupun ketika sanak saudara meninggal dunia serta sakit keras.
    • Pengembalian pekerja imigran Indonesia sekaligus pelajar Indonesia yang sebelumnya ada di luar negeri dengan suatu alasan khusus dari pemerintah agar tiba di daerah asal sesegera mungkin.
  2. Persyaratan pengecualian
    • Selain kriteria calon penumpang kereta api tersebut di atas, ada beberapa persyaratan pengecualian yang juga diberlakukan pada beberapa pihak yang bekerja pada lembaga negeri maupun swasta. Berikut beberapa persyaratannya.
      1. Menunjukkan adanya surat tugas bagi Tentara Nasional Indonesia, Aparatur Sipil Negara dan Kepolisian Republik Indonesia yang telah ditAndatangani oleh pejabat setingkat eselon 2
      2. Untuk kriteria calon penumpang kereta api adalah menunjukkan surat tugas bagi para pegawai BUMN, BUMD, Satuan Kerja, Unit Pelayanan Teknis, ataupun Satuan Kerja Pemerintah serta Nonpemerintah yang telah ditAndatangai oleh pihak Kepala Kantor atau Direksi
      3. Menunjukkan hasil tes Covid-19 dengan status negatif ataupun surat keterangan dari pihak dinas kesehatan, puskesmas sekaligus klinik kesehatan yang memberikan pelayanan rapid test.
      4. Menunjukkan identitas diri seperti KTP ataupun SIM
      5. Melaporkan adanya rencana perjalanan yang meliputi waktu kepulangan hingga jadwal penugasan
      6. Pada kriteria calon penumpang kereta api yang tidak mewakili lembaga, maka harus membuat surat keterangan bermatrei yang ditAndatangai oleh pihak kelurahan
    • kriteria calon penumpang kereta api untuk pasien yang membutuhkan penanganan darurat hingga perjalanan ketika anggota keluarga meninggal.
      1. Menunjukkan KTP
      2. Menunjukkan suatu surat rujukan dari RS
      3. Menunjukkan suatu surat keterangan kematian
      4. Menunjukkan hasil rapid test negative
    • Persyaratan repatriasi pekerja imigran ataupun mahasiswa dari luar negeri
      1. Menunjukkan KTP
      2. Menunjukkan surat keterangan yang diterbitkan oleh PMI atau perwakilan dari pemerintah luar negeri atas kepulangan orang tersebut
      3. Menunjukkan identitas mahasiswa
      4. Menunjukkan hasil rapid test negative
      5. Proses pemulangan dilakukan secara terorganisir

Itulah beberapa kriteria calon penumpang kereta api yang memang harus diperhatikan bagi siapapun yang ingin memanfaatkan layanan pokerace99 login luar biasa. Dengan senantiasa mematuhi aturan tersebut, secara tidak langsung akan membantu dalam memutus persebaran penularan Covid-19 yang semakin merajalela.